Namanya Alvin, 7 tahun, dari Wonogiri. Dia adalah fighter cancer leukemia yang telah merambat sampai ke tulang belakang. Kendati demikian senyum terus mengembang menghiasi wajahnya. Dia sudah tinggal di rumah singgah kami, ytsi.org, di Jebres kota Solo kurang lebih sekitar 5 bulan bersama ibunya.

Saat saya berkunjung ke rumah singgah tadi pagi dan duduk ngelesot di lantai, dia memilih untuk ngelesot juga di sebelah saya dengan senyum indahnya. Pandangannya tertuju pada buku tulis yang saya pegang. Maka saya sodorkan buku itu dan saya berikan pulpen saya. Lalu dengan semangat, dan sambil tersenyum, dia menggambar dan bercerita tentang gambarnya. Dia bilang saya boleh bawa gambarnya.

Alvin ini adalah "customer" kami di rumah singgah ytsi.org. Yang harus kami layani dengan sebaik-baiknya. Yang harus kami perjuangkan pemenuhan kebutuhannya. Seperti 4 anak lain yang juga saat ini tinggal di rumah singgah.

Bagi saya, senyum Alvin pagi ini adalah anugerah yang tak terkira. Seperti memberi tahu saya tentang rahasia-rahasia hidup, rahasia Tuhan.

Terima kasih Alvin,
sampai ketemu lagi.

27 Dec 2018.
Rumah Singgah untuk anak dengan kanker, Jebres, Solo.

Ketemu lagi dengan Alvin dan beberapa anak lain yang sama-sama sedang program kemo di RSUD Dr. Moewardi Solo dan tinggal di rumah singgah. Salah satunya Aldi yang berasal dari Batam yang sudah 2 bulan ini tinggal di rumah singgah selama menjalani kemo. Kaki kirinya belum lama ini diamputasi karena kanker. Aldi sedang berbinar-binar, excited menghabiskan sepiring bakso goreng spesial bikinan ayahnya. Ibunya sedang kembali ke Batam.

 

Sedangkan Alvin hari ini terlihat lemas karena memang baru kembali dari rumah sakit hari kemarin. Saat kudekati dia tersenyum. Senyum itu tetap memancarkan sinar kesejukan, walau aku tahu dia saat ini sedang kurang sehat.

 

Next time ketemu lagi ya Alvin.

Keep fighting! You can win your battle.

OUR STORIES

Pada Sabtu malam 16 Februari 2019 Walikota Surakarta Bapak FX Hadi Rudyatmo menghadiri acara Charity Concert Finding Oz di Grand Ballroom Solo Paragon Hotel untuk menggalang dana bagi rumah singgah anak kanker. Acara ini diselenggarakan oleh  Yayasan Tunas Sehat Indonesia (YTSI) bekerjasama dengan Bengawan Symphony Orkestra (BSO) dan Childhood Cancer Care (3C). Seluruh keuntungan dari acara ini disumbangkan untuk mendukung peningkatan kapasitas rumah singgah untuk anak kanker yang berlokasi di Jalan Pratanggapati 8 No. 14 Jebres, yang dikelola oleh YTSI.

 

Charity Concert berlangsung sangat meriah dengan menampilkan sekitar 300 anak-anak dari beberapa sekolah dasar di Solo untuk memainkan drama musical, didukung oleh para pemain orchestra cilik dari BSO, dan disaksikan oleh lebih dari 700 orang penonton yang memenuhi ballroom. Pada acara ini juga dilangsungkan Wisuda Survivor bagi 14 anak-anak kanker yang telah menyelesaikan program kemoterapi di RSUD Dr. Moewardi Solo. Mereka diberi penghargaan atas ketangguhannya berjuang menyelesaikan program Panjang kemoterapi yang berlangsung antara 1 sampai 2 tahun. Penghargaan dalam bentuk pemberian selempang survivor juara dan bingkisan hadiah diberikan oleh Walikota Surakarta.

 

Dalam sambutannya Walikota Surakarta Bapak FX Hadi Rudyatmo menyampaikan rasa penghargaannya atas acara charity ini dan atas sumbangsih dari para donatur dan kerja keras tim panitia dan anak-anak BSO untuk acara ini yang diasuh dan dipimpin oleh Ibu Sari Dasanta selaku pembina BSO.  Yayasan Tunas Sehat Indonesia diminta oleh Bapak Walikota Surakarta untuk terus menjalin koordinasi dengan pemerintah kota dalam memberikan sumbangsihnya bagi anak-anak kanker. 

 

Sebelum acara charity concert ini, pada hari yang sama juga telah dilangsungkan acara seminar tentang Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak di Era Disrupsi yang penuh dijejali para orang tua yang ingin menggali pengetahuan tentang Pendidikan dan tumbuh kembang anak. Acara seminar ini diisi oleh Prof. Dr. dr. Harsono Salimo SpA(K), dr. Edi Setiawan Tehuteru SpA(K), MHA, IBCLC, dan drg. Jenny Megawati SpKGA, dan dra Peni R. Pramono, MM. Saat acara selesai pun para peserta masih mengerumuni para pembicara seminar untuk bertanya.

Terimakasih untuk PT Adhi Persada Beton, RS Indriati, PT Adhi Karya, Danar Hadi, Lions Club, Innova Skin, Behati, Kids Land, 3Wira, Lantravelindo, Solopos, SAS FM, Hallosolo Kitchen, Tissan Nugraha Globalindo Pemerintah Kota Solo, dan semua pihak lain yang mendukung rangkaian acara ini.

© 2018

by Yayasan Tunas Sehat Indonesia

Call us:

0813 8277 3277

0816 679 101

Find us: 

Jalan Pratanggapati VIII No. 14, RT 02 RW 04,

Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, 57126